Jumat, 05 Oktober 2012

Mata Sehat, Fungsi dan Sumber Makanan Kaya Lutein

Lutein merupakan bagian dari keluarga karotenoid yang secara alami diproduksi di kloroplas dan chromoplasts tanaman.

Lutein sebagian besar terkonsentrasi di makula, bagian berbentuk oval dengan warna kuning yang terdapat di dekat pusat retina mata manusia.

Lutein terutama bertanggung jawab untuk penglihatan manusia. 

Lutein dalam makula melindungi mata dari stres oksidatif dan membantu penyerapan cahaya biru.

Penelitian menunjukkan bahwa jumlah yang cukup dari lutein dapat mengurangi risiko penyakit mata khususnya degenerasi makula.

Lutein juga memainkan peran penting untuk mencegah penyakit mata yang disebut Harbinger’s brush, sebuah fenomena di mana mata melihat warna cahaya yang terpolarisasi.

Warna kuning makula akibat kehadiran lutein akan memberikan mata kemampuan menyerap cahaya biru dan ultraviolet berlebih yang masuk ke mata.

Ini berfungsi sebagai semacam tabir surya alami untuk retina dan daerah sekitarnya.

Lutein bisa didapatkan dari sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kangkung, kuning telur, dan lemak hewan.

Orang-orang dengan diet dengan kandungan lutein rendah dapat mengambil suplemen untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan lutein.

Meskipun saat ini belum ada ketentuan mengenai dosis harian yang direkomendasikan, mengambil 6-10 mg / hari dianggap merupakan dosis yang aman.

Selain kangkung dan bayam, sayuran yang memiliki konten yang sangat tinggi akan lutein adalah kacang polong, zucchini, brussel sprout, kacang pistachio, brokoli, jagung, buah kiwi, lobak, selada romaine, collard hijau, dan telur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar