Jumat, 05 Oktober 2012

6 Jenis Makanan untuk Meningkatkan Kadar Kolesterol HDL

Salah satu cara terbaik untuk membersihkan tubuh dari penyumbatan arteri akibat LDL (low-density lipoprotein) atau kolesterol “jahat” adalah dengan mengonsumsi makanan yang mampu meningkatkan kadar kolesterol “baik” atau HDL (high-density lipoprotein ).

HDL menurunkan risiko penyakit jantung koroner dengan menghilangkan kolesterol LDL dari dinding arteri dan mengirimnya ke hati untuk diproses
Berikut adalah makanan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL dalam darah.

1. Makanan Kaya Niasin

Niasin atau vitamin B3 terbukti bisa meningkatkan kolesterol HDL pada orang dengan LDL tinggi.

Penggunaan suplemen niasin harus dilakukan atas pengawasan dokter. Selain suplemen, terdapat pula makanan yang mengandung banyak niasin.

Beberapa makanan dengan niasin tinggi diantaranya adalah produk susu, kacang, sereal, gandum, kalkun, ayam panggang, dan fillet sapi panggang.

2. Serat Larut

Makan setidaknya dua porsi makanan yang mengandung serat larut dapat meningkatkan kolesterol HDL sekaligus mengurangi tingkat kolesterol total.

Serat larut terdapat dalam biji-bijian, gandum, beras merah, kacang polong, jeruk, apel, dan anggur.

3. Minyak Goreng


Minyak goreng tinggi lemak tak jenuh tunggal, seperti minyak canola dan minyak zaitun bisa meningkatkan kolesterol HDL.

Minyak goreng yang kaya asam lemak omega-3 seperti minyak safflower dan bunga matahari dapat mengurangi kadar kolesterol total.

Menggunakan salah satu dari minyak ini sebagai pengganti minyak kelapa akan berakibat positif pada jantung.

4. Produk Kedelai

Mengonsumsi setidaknya dua porsi per hari produk kedelai seperti tahu atau tempe bisa memacu peningkatan kolesterol HDL.

Produk kedelai mengandung serat larut dan isoflavon. Isoflavon bertindak sebagai hormon pertumbuhan dan secara alami meningkatkan HDL serta menurunkan kolesterol LDL.


5. Bawang Merah Mentah

Makan satu-setengah bawang merah mentah per hari akan meningkatkan HDL secara signifikan.

Agar lebih mudah dikonsumsi, irisan bawang merah mentah dapat dicampur dengan berbagai makanan seperti salad atau telur dadar.



6. Alkohol dalam Jumlah Moderat
Meskipun minum alkohol secara berlebihan dapat berkontribusi pada penyakit jantung dan penyakit lainnya, laporan IntelliHealth menyatakan bahwa minum alhohol dalam jumlah moderat 1-2 gelas per hari akan meningkatkan HDL sebanyak 10 persen.

1 komentar:

  1. Kolesterol jahat cukup dengan rutin konsumsi omega 3 .. Gejala stroke alhamdulilah hilang. Produk yang boleh anda coba adlah Nature EPA

    BalasHapus